Tag
|
Ind1
|
Ind2
|
Isi
|
001
|
|
|
INLIS000000000000096
|
005
|
|
|
20230508113902
|
007
|
|
|
ta
|
008
|
|
|
230508###########################0#ind##
|
035
|
#
|
#
|
$a 0010-0122000063
|
082
|
#
|
#
|
$a 57.01/.012
|
084
|
#
|
#
|
$a 57.01/.012 SOE b
|
100
|
1
|
#
|
$a Soemarwoto
|
245
|
1
|
#
|
$a Biologi Umum I /$c Idjah Soemarwoto
|
250
|
#
|
#
|
$a Cet. IX
|
260
|
#
|
#
|
$a Jakarta :$b Gramedia Pustaka Utama,$c 1992
|
300
|
#
|
#
|
$a viii, 249 p. : $b ilus. ; $c 21 cm
|
500
|
#
|
#
|
$a di Rak Peternakan
|
500
|
#
|
#
|
$a Tidak ada ISBN, judul asli High school biology
|
520
|
#
|
#
|
$a Biologi atau ilmu hayat adalah suatu ilmu tentang kehidupan. Biologi membantu manusia mengenal dirinya sebagai organisma, mengenal lingkungannya dan hubungan antara organisma dengan lingkungannya. Tujuan pengajaran biologi antara lain adalah mengembangkan cara berpikir ilmiah melalui penelitian dan percobaan; mengembangkan pengetahuan praktis dari metoda biologi untuk memecahkan masalah kehidupan individu dan sosial: merangsang studi lebih lanjut di bidang biologi dan bidang lain yang berhubungan dengan biologi; serta membangkitkan pengertian dan rasa sayang kepada makhluk hidup. Indonesia kaya akan sumber alam. Dengan kemajuan teknologi, pembukaan dan penggalian sumber alam akan berjalan dengan pesat. Kurangnya pengetahuan akan hubungan pemungutan dan peremajaan sumber alam dapat berakibat fatal. Penggundulan hutan tanpa penanaman kembali akan mengakibatkan erosi, banjir dan tanah gersang. Pemakaian insektisida tanpa memikirkan akibat-akibatnya yang lebih jauh akan merugikan kehidupan lingkungan dalam keseluruhan. Kecepatan pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan kecepatan produksi pangan. Akibat buruk ini akan terasa sampai beberapa generasi. Pengetahuan tentang biologi, baik ditinjau dari segi yang menyeluruh maupun dari segi unsur-unsurnya, mutlak diperlukan demi kelangsungan kehidupan di bumi Indonesia. Pengetahuan ini harus disebarluaskan. Dengan keyakinan inilah dibahas dunia kehidupan: biosfer yaitu jaring-jaring kehidupan, individu dan populasi, serta komunitas dan ekosistem. Dilanjutkan dengan pembahasan aneka makhluk hidup yaitu: tumbuh-tumbuhan, hewan, protista.
|
600
|
1
|
4
|
$a Soemarwoto
|
650
|
#
|
4
|
$a Biologi
|
990
|
#
|
#
|
$a 00027/052021/H
|