Cite This        Tampung        Export Record
Judul Strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online di agrowisata kampung susu Lawu Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan / POLBANGTAN MALANG
Pengarang Ichwany Fajrina nuzam
Rustandi Yudi
Kristanti Novita dewi
Penerbitan Malang : Polbangtan Malang, 2022
Subjek PPKH pemasaran
Abstrak Pemasaran adalah bagian yang sangat penting, karena mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan usaha dalam mencapai tujuannya. Di Agrowisata Kampung Susu Lawu terdapat potensi sapi perah hingga terdapat berbagai macam olahan susu diantaranya pie susu yang masih dipasarkan secara offline membuat konsumen banyak yang belum mengetahui produk pie susu, diperlukannya strategi dan model pemasaran online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui strategi pemasaran pie susu menggunakan media online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. 2) Mengetahui model pemasaran pie susu menggunakan media online 3) Menyusun rancangan penyuluhan tentang model pemasaran pie susu menggunakan media online. 4) Mengetahui tingkat motivasi pelaku usaha pie susu tentang strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online. 5) Mengetahui tingkat efektivitas pemasaran tentang strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. Metode kajian dalam peneliti
Lokasi Akses Online Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
L.311/22165/HD RES 22165 ICH s Baca di tempat Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang - Ruang Koleksi Referensi 2 (Lantai 4) Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000016711
005 20230110114235
035 # # $a 0010-0123000014
082 # # $a RES 22165
084 # # $a RES 22165 ICH s
100 1 # $a Ichwany Fajrina nuzam
245 1 # $a Strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online di agrowisata kampung susu Lawu Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan /$c POLBANGTAN MALANG
260 # # $a Malang :$b Polbangtan Malang,$c 2022
520 # # $a Pemasaran adalah bagian yang sangat penting, karena mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan usaha dalam mencapai tujuannya. Di Agrowisata Kampung Susu Lawu terdapat potensi sapi perah hingga terdapat berbagai macam olahan susu diantaranya pie susu yang masih dipasarkan secara offline membuat konsumen banyak yang belum mengetahui produk pie susu, diperlukannya strategi dan model pemasaran online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui strategi pemasaran pie susu menggunakan media online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. 2) Mengetahui model pemasaran pie susu menggunakan media online 3) Menyusun rancangan penyuluhan tentang model pemasaran pie susu menggunakan media online. 4) Mengetahui tingkat motivasi pelaku usaha pie susu tentang strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online. 5) Mengetahui tingkat efektivitas pemasaran tentang strategi dan model pemasaran pie susu menggunakan media online di Agrowisata Kampung Susu Lawu. Metode kajian dalam penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan desain survey dan teknik pengumpulan data observasi (wawancara dan kuesioner). Analisis data dalam strategi pemasaran menggunakan SWOT, model pemasaran menggunakan Focus Group Discussion (FGD) evaluasi penyuluhan, motivasi, dan efektivitas pemasaran menggunakan statistik deskriptif. Metode rancangan penyuluhan dengan tujuan penyuluhan Pelaku Usaha Agrowisata Kampung Susu Lawu Kecamatan Plaosan dapat memasarkan produk pie susu menggunakan media online. Evaluasi penyuluhan dilakukan menggunakan model sumatif (hasil) untuk mengetahui tingkat motivasi pelaku usaha. Hasil dari penelitian adalah 1) Hasil dari perhitungan IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa strategi terdapat pada kuadran I dengan meningkatkan peluang dengan memaksimalkan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang pasar tinggi dengan melakukan promosi menggunakan media online, memaksimalkan peluang pasar yang tinggi dengan memiliki kemauan untuk melakukan pemasaran secara online mengunakan Whatsapp dan Facebook. 2) Model pemasaran online menggunakan Whatsapp dan Facebook didiskusikan menggunakan analisis FGD di Kelompok Omah Susu Lawu terdiri dari anggota Omah Susu Lawu sebagai produsen untuk memproduksi pie susu, pengurus Kelompok sebagai penampung produk anggota dan pengelola pemasaran, bagian pemasaran yang berfungsi mendesain konten, melakukan pemasaran serta bertanggungjawab melaporkan pemasaran, bagian pemasaran mempromosikan pie susu hingga sampai pada tangan konsumen. 3) Rancangan penyuluhan disusun dengan materi strategi pemasaran pie susu menggunakan media online Facebook dan Whatsap dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi serta media leaflet, PPT dan video. Sasaran penyuluhan berjumlah 32 orang dari pelaku usaha Omah Susu Lawu. 4) Berdasarkan analisis data, tingkat motivasi pelaku usaha terhadap pemasaran online pada presentase 83% dengan kategori sangat tinggi. 5) Hasil perhitungan dari efektivitas pemasaran online menggunakan media Facebook dan Whatsapp menunjukkan hasil presentase 66,66% dengan kategori efektif. Kata kunci: Strategi, Model Pemasaran, Motivasi, Efektivitas Pemasaran
650 # 4 $a PPKH pemasaran
700 1 # $a Kristanti Novita dewi
700 1 # $a Rustandi Yudi
856 # # $a Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang
990 # # $a L.311/22165/HD
Content Unduh katalog