520
|
#
|
#
|
$a ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) karakteristik petani yang menggunakan media informasi teknologi melalui radio, TV, koran dan penyuluh pertanian, dan 2) preferensi petani terhadap media informasi teknologi melalui radio, TV, koran dan penyuluh pertanian. Lokasi penelitian di Kep. Meranti pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuisioner terstruktur pada 30 orang petani. Data yang telah terkumpul dianalisa secara dekriptif menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar tergolong dalam usia produktif, dengan tingkat pendidikan setara SLTA sebanyak 33%, memiliki pengalaman berusahatani sekitar 10 tahun dengan luas pemilikan lahan dan lahan yang digarap rata-rata 3500-20.000m2. Pada umumnya petani menyatakan materi yang diberikan sesuai dengan masalah petani. Materi pada media TV lebih dipahami petani dibandingkan media lainnya. Sebanyak 87% petani menyatakan informasi teknologi melalui media TV dapat membangkitkan motivasi petani dalam berusahatani. Untuk kesesuai materi dengan waktu, tempat dan jangkauan yang dapat diakses petani, pada umumnya sebagian petani menyatakan sesuai. Pada umunya petani menyatakan penyaji pada media TV menguasai seluruh materi.
Kata Kunci: Preferensi, petani, media, diseminasi, teknologi
ABSTRACT
This study aims to determine 1) characteristics of farmers who use media information technology such as radio, TV, newspapers and agricultural extension, and 2) farmers' preference for information technology media through radio, TV, newspapers and agricultural extension. Location of research in Kep. Meranti, 2018. This study uses a survey method using a structured questionnaire. The number of respondent was 30 farmers. The collected data was analyzed descriptively using the Spearman rank correlation test. The results showed that most of media information user were classified as productive age, with a level of education equivalent to senior high school. They had experience of farming for about 10 years with extensive land and land ownership that was cultivated an average of 3500m2 - 20,000m2. In general, farmers state that the material provided is suitable with farmers' problems. The material on TV media is better understood by farmers than other media. As many as 87% of farmers stated that information technology through TV media can arouse farmers' motivation in farming. In accordance with the material with time, place and range that can be accessed by farmers, in general, some farmers stated that they were appropriate. In general, farmers stated that presenters on TV media controlled all the material.
Keywords: Preferences, farmers, media, dissemination, technology
|