na INLIS000000000002280 20220222103013 0010-0222000162 Media Pembelajaran SUDJANA, Nana viii, 219 hlm : Ilus ; 21 cm RIVAI, Ahmad Bandung : Sinar Baru Agensindo, 2007 371.3 371.3 SUD m 220222 0 Cet.7 PEMBELAJARAN Proses belajar-mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu Lembaga Pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan Pendidikan yang telah ditetapkan . Tujuan Pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran. Lingkungan belajar yang diatur oleh guru mencakup tujuan pengajaran, bahan pengajaran, metodologi pengajaran dan penilaian pengajaran . Unsur-unsur tersebut biasa dikenal dengan komponen-komponen pengajaran. Tujuan pengajaran adalah rumusan kemampuan yang diharapkan dimiliki para siswa setelah ia menempuh berbagai pengalaman belajarnya H.0001-01/PER/02/22 H.0001-02/PER/02/22 H.0001-03/PER/02/22 H.0001-04/PER/02/22