01495 2200241 4500001002100000005001500021035002000036245002300056100001800079300003500097700001700132260004300149082001000192084001600202008004100218250001000259650001700269520087100286990002401157990002401181990002401205990002401229INLIS00000000000228020220222103013 a0010-02220001621 aMedia Pembelajaran3 aSUDJANA, Nana aviii, 219 hlm :bIlus ;c21 cm3 aRIVAI, Ahmad aBandung :bSinar Baru Agensindo,c2007 a371.3 a371.3 SUD m220222 0  aCet.7 4aPEMBELAJARAN aProses belajar-mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu Lembaga Pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan Pendidikan yang telah ditetapkan . Tujuan Pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran. Lingkungan belajar yang diatur oleh guru mencakup tujuan pengajaran, bahan pengajaran, metodologi pengajaran dan penilaian pengajaran . Unsur-unsur tersebut biasa dikenal dengan komponen-komponen pengajaran. Tujuan pengajaran adalah rumusan kemampuan yang diharapkan dimiliki para siswa setelah ia menempuh berbagai pengalaman belajarnya aH.0001-01/PER/02/22 aH.0001-02/PER/02/22 aH.0001-03/PER/02/22 aH.0001-04/PER/02/22