01640 2200205 4500001002100000005001500021035002000036245006600056100002600122250001000148300004600158260003600204082001200240084001800252020002200270600002800292520105100320008004101371990002201412INLIS00000000000208920220203080132 a0010-01220020881 aManajemen Pengawasan Dan Supervisi Sekolah: Teori dan Praktik0 aATMODIWIRYO, Soebagio aCet.1 a332 hlm :bIlus ;cx+322 hlm.; ilus 24 cm aJakarta :bPT. Ardadizya,c2011 a371.102 a371.102 ATM m a978-979-658-009-5 4aGURU- MANAJEMEN SEKOLAH aSejalan dengan meningkatnya perencanaan stratejik sekolah, maka diperlukan berlakunya fungsi manajemen lainnya yang diseut pengawasan. Kegiatan pengawasan perlu diintensifkan mengingat dalam paradgma baru pendidikan, sekolah bertanggunggugat(akuntabel)kepada masyarakat sekitarnya. Dengan demikian masyarakat dan orang tua siswa dapat secara langsung turut mengawasi operasionalisasi sekolah sejak dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan. Kepala sekolah dengan paradigma baru semakin berat tanggung jawabnya sebagai supervisor. Buku ini memberi bekal bagi sekolah atau calon Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan fungsi pengawasan di sekolah (Sekolah Dasar, SMP, dan SMA dan SMK). Kepala Sekolah melaksanakan serangkaian kegiatanyang bersifat pengendalian yang terus menerus terhadap guru-guru, tata usaha dan tenaga kependidikan lainnya secara preventif atau represif agar pelaksnaan tugas guru, tata usaha, tenaga kependidikan lainnya secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana kegiatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.220203 0 ind  aB.00084/PER/04/12