01287 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056020002100097041000700118082000800125090001400133100001900147245003700166250001100203260004000214300003400254500071900288650001401007084001401021990002201035INLIS00000000000204920230418123534 a0010-0122002048230418 g | ind  a978-979-6925-186 aid a375 a375 HAM m0 aHAMALIK, Oemar1 aManajemen Pengembangan Kurikulum aCet.3. aBandung :bRemaja Rosdakarya,c2008 aX, 325 hlm. :bIlus. ;c24 cm aKurikulum esenssinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalaah pokok dan mendasar menyangkut perkembanagan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu dapatlah dikatakan kurikulum termasuk kajian strategis. Dalam konteks pendidikan nasional. Kurikulum menjadi alat untuk memudahkan pencapaian tujuan yang diharapkan. Semua ahli kependidikan menyadari bahwa tanpa alat yang tepat, sulit untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum menjadi hal yang sangat mendasar yang perlu mendapat perhatian sungguh-sungguh. Para pakar dituntut menciptakan inovasi-inovasi untuk menunjang efektifitas terlaksananya proses pendidikan. 4aKURIKULUM a375 HAM m aB.01096/PER/09/09