na INLIS000000000005759 20250522101408 0010-0624000143 ta 250522 0 ind 978-979-793-265-7 297.77 297.77 Rus m Ruswandi, Muhammad Manajemen Mentoring / Ruswandi Muhammad cet.1 Bandung : Syaamil, 2007 vi, 150 hlm : ilus. ; 23,5 cm Pendidikan Agama Islam Mentoring merupakan sarana tarbiyah Islamiyah, yang bersifat berorientasi pada pembentukan karakter dan kepribadian peserta (syakhsiyah Islamiyah). Mentoring merupakan kegiatan pendidikan dalam perspektif metode, mentoing Islam adalah metode memahami Islam dengan cara menyenangkan. Sugesti di masyarakat saat ini (terutama dikalangan remaja), bahwa mempelajari Islam adalah ngantuk dan membosankan adalah salah. Dalam mentoring, sugesti itu akan hilang dan diganti dengan perspektif menyenangkan (fun and I love it). Pelaku dalam kegiatan mentoring setidaknya harus memiliki dua kemampuan dasar, yaitu “kemempuan menasihati” dan “kemampuan mendengar nasihat”. Rasulullah SAW dalam membina para sahabat tidak sekadar menjadikan member/anggota. Namun lebih dari itu, mengangkat dan membina potensi terbesar mereka, sehingga menjadi generasi unggulan dan sukses berjuang menegakkan Islam. Itu terjadi karena adanya manajemen yang baik yang beliau contohkan. Benar! Mentoring memerlukan manajemen yang baik untuk dapat mencapat optimal. Mentoring dewasa ini banyak yang dilakukan ala kadarnya sehingga menimbulkan stigma buruk dan pencitraan yang kurang baik. Yakni, bercitra jauh dari peofesionalisme dan kurang termenej. 00000009932 00000009933 c.1(7902/STPP/ha/07)