na INLIS000000000004967 20230216103846 0010-0223000021 Agroindustri dalam perspektif sosial ekonomi SOEKARTAWI Ed.1 xviii, 140 hlm. : ilus. ; 21 cm Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2005 338.1 338.1 Soe a 979-421-676-3 Pertanian 230216 0 Agroindustri telah membuktikan mampu meningkatkan pendapatan para pelaku agribisnis , mampu menyerap tenaga kerja, mampu meningkatkan perolehan devisa dan mampu mendorong munculnya industri yang lain. Peran Agroindustri dalam perekonomian nasional suatu negara adalah (a) mampu meningkatkan pendapatan pelaku agribisnis khususnya dan pendapatan masyarakat pada umumnya; (b) mampu menyerap tenaga kerja; (c) mampu meningkatkan perolehan devisa; (d) mampu menumbuhkan industri yang lain, khususnya industri pedesaan. Pada dasarnya perusahaan agroindustri harus mengetahui siapa pesaingnya dan sampai seberapa besar pesaing tersebut berpengaruh terhadap penampilan perusahaan. Untuk itu, karakteristik pesaing terdekatnya harus diketahui. Variabel yang perlu diketahui antara lain: (1) macam produk yang dihasilkan oleh pesaing; (2) strategi penentuan harganya; (3) volume produksi yang dihasilkan; (4) pasar yang dikuasai; (5) strategi product mix; (6) cara pemasaran; (7) distribusi produk; dan (8) strategi promosi. c.2(8715/STPP/Pb/07) c.3(8716/STPP/Pb/07)