01597 2200217 4500001002100000005001500021035002000036245004900056100001500105250000900120300003800129260004300167082001000210084001600220020001800236650001400254008004100268520102000309990002501329990002501354INLIS00000000000496720230216103846 a0010-02230000211 aAgroindustri dalam perspektif sosial ekonomi3 aSOEKARTAWI aEd.1 axviii, 140 hlm. :bilus. ;c21 cm aJakarta :bRajaGrafindo Persada,c2005 a338.1 a338.1 Soe a a979-421-676-3 4aPertanian230216 0  aAgroindustri telah membuktikan mampu meningkatkan pendapatan para pelaku agribisnis , mampu menyerap tenaga kerja, mampu meningkatkan perolehan devisa dan mampu mendorong munculnya industri yang lain. Peran Agroindustri dalam perekonomian nasional suatu negara adalah (a) mampu meningkatkan pendapatan pelaku agribisnis khususnya dan pendapatan masyarakat pada umumnya; (b) mampu menyerap tenaga kerja; (c) mampu meningkatkan perolehan devisa; (d) mampu menumbuhkan industri yang lain, khususnya industri pedesaan. Pada dasarnya perusahaan agroindustri harus mengetahui siapa pesaingnya dan sampai seberapa besar pesaing tersebut berpengaruh terhadap penampilan perusahaan. Untuk itu, karakteristik pesaing terdekatnya harus diketahui. Variabel yang perlu diketahui antara lain: (1) macam produk yang dihasilkan oleh pesaing; (2) strategi penentuan harganya; (3) volume produksi yang dihasilkan; (4) pasar yang dikuasai; (5) strategi product mix; (6) cara pemasaran; (7) distribusi produk; dan (8) strategi promosi. ac.2(8715/STPP/Pb/07) ac.3(8716/STPP/Pb/07)