01320 2200241 4500001002100000005001500021035002000036245001800056100001600074250001000090300003600100260003000136082001300166084001900179020001800198600001900216008004100235520070200276990002500978990002501003990002501028990002501053INLIS00000000000451920220803102113 a0010-08220000011 aMembaca Saham3 aARIFIN, Ali aEd.II axii, 166 hlm. :bilus. ;c21 cm aYogyakarta :bAndi,c2001 a332.6322 a332.6322 Ari m a979-731-369-7 4aSaham; Ekonomi220803 0 ind  aSebenarnya ide awal sehingga ada perusahaan yang go public (menerbitkan saham)bukanlah untuk mendapatkan dana segar guna operasi maupun ekspansi usaha, lebih-lebih untuk membayar hutang. Ide tersebut muncul karena adanya kebijakan dari pemerintah (dalam hal ini tentunya pemerintah Amerika Serikat pada awalnya) untuk memeratakan pendapatan di antara masyarakatnya. Perlu diketahui juga bahwa ada banyak perusahaan yang tidak go public namun tetap menerbitkan saham. Saham-saham tersebut tertentunya diperuntukkan buat orang-orang di dalam perusahaan tersebut supaya adil, merata dan dapat menimbulkan loyalitas atau kekompakan berusaha. Contoh yang paling nyata adalah perusahaan retail Carrefour ac.2(9662/STPP/Pb/07) ac.3(9663/STPP/Pb/07) ac.4(7013/STPP/Pb/06) ac.5(9661/STPP/Pb/07)