Cite This        Tampung        Export Record
Judul ANALISIS DINAMIKA POLA PEMASARAN KOMODITAS MANGGA (Mangifera indica L) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN / Polbangtan Malang
Pengarang Pinky Aurellia Hijratur (Pengarang)
Penerbitan Malang : Polbangtan Malang, 2025
Deskripsi Fisik 242 hlm
Konten Text
Media Buku Tercetak
Penyimpan Media Hardcopy
Subjek Mangga, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi petani mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang belum memperoleh hasil maksimal dari penjualan hasil panennya. Meskipun desa ini merupakan sentra produksi mangga, banyak petani masih menjual kepada pengepul dengan harga yang tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Permasalahan semakin kompleks karena rendahnya pemahaman petani terhadap pola pemasaran yang efisien, margin pemasaran, serta farmer’s share. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui dinamika pola pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan pendapatan lembaga pemasaran mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 2) Mengetahui cara penyusunan rancangan penyuluhan mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 3) Mengetahui peningkatan pengetahuan dan tingkat sikap petani mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Suko
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai
Lokasi Akses Online https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/2009

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
L.310-25024 L.310-25024 PIN a Baca di tempat Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang - Ruang Koleksi Referensi 2 (Lantai 4) Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000001492210
005 20251204100726
007 ta
008 251204################|##########|#|##
035 # # $a 0010-1225000015
082 # # $a L.310-25024
084 # # $a L.310-25024 PIN a
100 0 # $a Pinky Aurellia Hijratur$e Pengarang
245 1 # $a ANALISIS DINAMIKA POLA PEMASARAN KOMODITAS MANGGA (Mangifera indica L) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN /$c Polbangtan Malang
264 # # $a Malang :$b Polbangtan Malang,$c 2025
300 # # $a 242 hlm
336 # # $a Text$2 rdacontent
337 # # $a Buku Tercetak$2 rdamedia
338 # # $a Hardcopy$2 rdacarrier
520 # # $a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi petani mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang belum memperoleh hasil maksimal dari penjualan hasil panennya. Meskipun desa ini merupakan sentra produksi mangga, banyak petani masih menjual kepada pengepul dengan harga yang tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Permasalahan semakin kompleks karena rendahnya pemahaman petani terhadap pola pemasaran yang efisien, margin pemasaran, serta farmer’s share. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui dinamika pola pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan pendapatan lembaga pemasaran mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 2) Mengetahui cara penyusunan rancangan penyuluhan mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 3) Mengetahui peningkatan pengetahuan dan tingkat sikap petani mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini berlokasi di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Responden penelitian terdiri dari 58 orang untuk aspek ekonomi, dan 30 orang petani yang terlibat dalam evaluasi penyuluhan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi langsung di lapangan. Penelitian ini menggunakan analisis pola pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Variabel dalam penelitian ini adalah pola saluran pemasaran, biaya produksi, margin pemasaran, farmer’s share, biaya pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil dari kegiatan penelitian ini menunjukan bahwa : 1) terdapapat 3 pola pemasaran komoditas mangga di Desa Wonokerto, pola pemasaran yang paling efisien adalah pola pemasaran 1 karena memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp 0, farmer’s share 100% dan efisiensi pemasaran sebesar 0%, petani pada pola I memperoleh pendapatan sebesar Rp 9.935/Kg, pada pola II sebesar Rp 7.653/Kg dan pola III sebesar 7.300/Kg. Sementara itu, pendapatan yang diperoleh oleh pengepul pada pola II adalah Rp 5.745 dan pola III sebesar Rp 5.245/Kg, pedagang luar kota Rp 5.330/kg, dan pengecer sebesar Rp 4.750/kg; 2) rancangan penyuluhan disusun menggunakan hasil IPW dengan penetapan tujuan, sasaran, materi, metode, media dan evaluasi; 3) pada kegiatan penyuluhan terdapat peningkatan pengetahuan yang yang semula 43,33% menjadi 79,26%. Sementara itu, evaluasi terhadap sikap menunjukkan bahwa 84,71% petani berada dalam kategori sangat tinggi, yang menunjukkan bahwa materi penyuluhan dapat diterima dengan sangat baik oleh para petani.
650 # 4 $a Mangga, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran
856 # # $a https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/2009
990 # # $a L.310-25024
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 SUKET PLAGIASI PINKY AURELLIA HIJRATUR RAHMA.pdf SUKET PLAGIASI PINKY AURELLIA HIJRATUR RAHMA pdf Baca Online
Content Unduh katalog