Cite This        Tampung        Export Record
Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERNAK DOMBA (Ovis Aries) DI KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN (BERBASIS ANALISIS SWOT) / Polbangtan Malang
Pengarang MOHAMMAD AMIN NUR UDIN (Pengarang)
Penerbitan Malang : Polbangtan Malang, 2024
Deskripsi Fisik 92 hlm
Konten Text
Media Buku Tercetak
Penyimpan Media Hardcopy
Subjek AGRINAK, Analisis SWOT, Strategi pemasaran, Pemasaran domba.
Abstrak Peternakan domba memiliki potensi pengembangan dikarenakan sebagai penyumbang protein yang dibutuhkan oleh masyarakat. Populasi domba sangat penting bagi keberlanjutan produksi daging domba di Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Produksi daging domba merupakan sumber pendapatan bagi para peternak. Dalam menjalankan usaha ternak domba akan menghadapi berbagai tantangan pada budidaya ternak domba, yang akhirnya akan sampai pada tahap pemasaran. Pemasaran domba sangat penting karena proses ini menentukan apakah peternak akan mendapatkan keuntungan dari usaha pemeliharaan domba yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, farmers’s share, dan strategi pemasaran domba di Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, serta sebagai dasar pertimbangan menyusun Bussines plan dari hasil penelitian. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data dengan wawancara dan memberikan kuesioner tertulis kepada responden. Metode
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai
Lokasi Akses Online Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
L.310-24142 RES L.310-24142 MOH a Baca di tempat Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang - Ruang Koleksi Referensi 2 (Lantai 4) Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000001434514
005 20250424103437
007 ta
008 250424################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0425000107
082 # # $a L.310-24142
084 # # $a RES L.310-24142 MOH a
100 0 # $a MOHAMMAD AMIN NUR UDIN$e Pengarang
245 1 # $a ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERNAK DOMBA (Ovis Aries) DI KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN (BERBASIS ANALISIS SWOT) /$c Polbangtan Malang
264 # # $a Malang :$b Polbangtan Malang,$c 2024
300 # # $a 92 hlm
336 # # $a Text$2 rdacontent
337 # # $a Buku Tercetak$2 rdamedia
338 # # $a Hardcopy$2 rdacarrier
520 # # $a Peternakan domba memiliki potensi pengembangan dikarenakan sebagai penyumbang protein yang dibutuhkan oleh masyarakat. Populasi domba sangat penting bagi keberlanjutan produksi daging domba di Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Produksi daging domba merupakan sumber pendapatan bagi para peternak. Dalam menjalankan usaha ternak domba akan menghadapi berbagai tantangan pada budidaya ternak domba, yang akhirnya akan sampai pada tahap pemasaran. Pemasaran domba sangat penting karena proses ini menentukan apakah peternak akan mendapatkan keuntungan dari usaha pemeliharaan domba yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, farmers’s share, dan strategi pemasaran domba di Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, serta sebagai dasar pertimbangan menyusun Bussines plan dari hasil penelitian. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data dengan wawancara dan memberikan kuesioner tertulis kepada responden. Metode analisis data dilakukan dengan menganalisis secara deskriptif, deskriptif kuantitatif, dan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran domba yang ada di Kecamatan Modo Kabupaten Lamonngan, dimana saluran pemasaran I tidak memiliki margin pemasaran dan saluran pemasaran II memiliki margin pemasaran sebesar rata-rata Rp. 111.500 per ekor domba. Di sisi lain, Farmer’s share saluran pemasaran I memberikan Farmer’s Share 100%, sementara saluran II memberikan 95,09%. Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I dan II dinilai sudah efisien, dimana pada saluran pemasaran I dinilai sangat efisien dengan nilai 0% dan saluran pemasaran II juga dinilai efisien dengan nilai 1,53%. Sedangkan, strategi Strengths-Opportunities (SO) pada analisis SWOT adalah yang paling efektif diterapkan. Bussines plan merancang usaha dagang ternak Wedhus Unggul Farm dalam satu periodenya 7 hari dan membutuhkan biaya sebesar Rp. 41.593.447. Dalam penjualan domba akan mendapatkan penerimaan sebesar Rp. 43.160.000 per periode sehingga menghasilkan pendapatan bersih senilai Rp. 1.566.553 dengan nilai R/C rasio 1,03, BEP harga senilai Rp. 2.079.672 dan BEP produksi sebanyak 19 ekor domba.
650 # 4 $a AGRINAK, Analisis SWOT, Strategi pemasaran, Pemasaran domba.
856 # # $a Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang
990 # # $a L.310-24142
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 TA_MOHAMMAD AMIN NUR UDIN_PROTECT.pdf TA MOHAMMAD AMIN NUR UDIN pdf Baca Online
Content Unduh katalog