Cite This        Tampung        Export Record
Judul Peningkatan penjualan produk susu kacang hijau dengan menggunakan media sosial instagram di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) desa Sidokumpul kecamatan Lamongan kabupaten Lamongan / Polbangtan Malang
Pengarang Shinta Febriana Ika Mardiana Putri (Pengarang)
Penerbitan Malang : Polbangtan Malang, 2023
Deskripsi Fisik 191 hlm
Konten Text
Media Buku Tercetak
Penyimpan Media Hardcopy
Subjek PPB, susu kacang hijau, UMKM, Instagram, action research
Abstrak Shinta Febriana Ika Mardiana Putri, NIRM 04.01.19.351, Peningkatan Penjualan Produk Susu Kacang Hijau Menggunakan Media Sosial Instagram di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Dosen Pembimbing Dr. Ir. Ugik Romadi, SST., M.Si., IPM dan Dr. Gunawan, SP., M.Si. Berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah, Desa Sidokumpul merupakan salah satu desa di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memproduksi susu kacang hijau, dengan merek dagang “Kirana Mung Bean Milk”. Susu kacang hijau tersebut telah dikemas dan diberi label pemasaran dengan menarik. Namun, pemasaran susu kacang hijau belum dilakukan secara optimal sehingga diperlukan suatu upaya peningkatan penjualan produk susu kacang hijau. Salah satu upaya pemasaran yang dikembangkan melalui internet yaitu media sosial. Instagram memberikan peran penting bagi pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai media pemasarannya. Pemasaran dengan meng
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai
Lokasi Akses Online https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1885

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
L.310-23095 RES L.310-23095 SHI p Baca di tempat Perpustakaan Pusat Polbangtan Malang - Ruang Koleksi Referensi 2 (Lantai 4) Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000001344114
005 20240604110153
007 ta
008 240604################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0624000015
082 # # $a L.310-23095
084 # # $a RES L.310-23095 SHI p
100 0 # $a Shinta Febriana Ika Mardiana Putri$e Pengarang
245 1 # $a Peningkatan penjualan produk susu kacang hijau dengan menggunakan media sosial instagram di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) desa Sidokumpul kecamatan Lamongan kabupaten Lamongan /$c Polbangtan Malang
264 # # $a Malang :$b Polbangtan Malang,$c 2023
300 # # $a 191 hlm
336 # # $a Text$2 rdacontent
337 # # $a Buku Tercetak$2 rdamedia
338 # # $a Hardcopy$2 rdacarrier
520 # # $a Shinta Febriana Ika Mardiana Putri, NIRM 04.01.19.351, Peningkatan Penjualan Produk Susu Kacang Hijau Menggunakan Media Sosial Instagram di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Dosen Pembimbing Dr. Ir. Ugik Romadi, SST., M.Si., IPM dan Dr. Gunawan, SP., M.Si. Berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah, Desa Sidokumpul merupakan salah satu desa di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memproduksi susu kacang hijau, dengan merek dagang “Kirana Mung Bean Milk”. Susu kacang hijau tersebut telah dikemas dan diberi label pemasaran dengan menarik. Namun, pemasaran susu kacang hijau belum dilakukan secara optimal sehingga diperlukan suatu upaya peningkatan penjualan produk susu kacang hijau. Salah satu upaya pemasaran yang dikembangkan melalui internet yaitu media sosial. Instagram memberikan peran penting bagi pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai media pemasarannya. Pemasaran dengan menggunakan aplikasi Instagram dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan pada aplikasi Instagram seperti, akun profil bisnis, Instagram Stories, Instagram Reels, Instagram Ads, Instagram Highlights, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan (action research) melalui data kuantitatif dan kualitatif. Konsep Sugiyono terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil dari data yang diperoleh pada saat Identifikasi Potensi Wilayah (IPW), jumlah anggota Kelompok Wanita UMKM di Desa Sidokumpul yaitu sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus sampling. Analisis tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap digunakan tabulasi menggunakan Ms. Excel dan SPSS 22 dengan melihat nilai rata-rata pre test dan post test setiap siklus kemudian dibandingkan siklus mana yang memiliki nilai rata-rata terbaik. Sasaran penyuluhan yaitu Kelompok Wanita UMKM Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Materi Penyuluhan adalah upaya peningkatan penjualan produk susu kacang hijau menggunakan media sosial Instagram. Metode Penyuluhan ceramah, diskusi kelompok, dan praktek. Media Penyuluhan berupa PPT, leaflet, folder, media elektronik dan evaluasi penyuluhan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, tingkat sikap, dan tingkat keterampilan. Hasil evaluasi menunjukkan hasil persentase peningkatan aspek pengetahuan pre test sebesar 66% masuk dalam kategori menggunakan dan post test sebesar 91,5% masuk dalam kategori mensintesis. Hasil peningkatan pengetahuan sebesar 25,58% dan untuk EPP sebesar 75,11% yang termasuk dalam kategori efektif. Pengukuran aspek sikap sebesar 82,87% masuk dalam kategori menghargai. Untuk pengukuran aspek keterampilan sebesar 87,89% masuk dalam kategori terampil. Dan jika dilihat dari aspek tingkat keterampilan menurut Robbins, maka skor tersebut termasuk dalam tingkat Problem Solving
650 # 4 $a PPB, susu kacang hijau, UMKM, Instagram, action research
856 # # $a https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1885
990 # # $a L.310-23095
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 Lembar Pengesahan - Shinta Febriana.pdf TA SHINTA FEBRIANA IKA MARDIANA PUTRI pdf Baca Online
2 LAPORAN TA_SHINTA FEBRIANA IKA MARDIANA PUTRI - Shinta Febriana.pdf TA SHINTA FEBRIANA IKA MARDIANA PUTRI pdf Baca Online
Content Unduh katalog