STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MARKETING MIX 7P TERHADAP PENINGKATAN KEUNTUNGAN PADA USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DI KUMBUNG JAMUR TEFA POLITEKNIK PEMBANGUNAN PERTANIAN MALANG Odete Ili Mama Pengarang text Text
text
regular print
158 hlm
Buku Tercetak
Hardcopy
Usaha budidaya jamur tiram putih merupakan salah satu jenis yang dilakukan oleh peneliti di Kumbung Jamur TEFA Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. Permasalahan yang dihadapi yaitu sistem pemasaran yang dilakukan belum efektif. Hal ini memberikan efek pada hasil penjualan yang diperoleh tidak sesuai dengan target yang diinginkan. Penerapan marketing mix pada penelitian ini diharpkan mampu mengatasi permasalahan dalam pemasaran serta dapat meningkatkan keuntungan. Komponen marketing mix meliputi product, price, place, promotion, people, process, physical evidende diharapkan mampu meningkatkan keuntungan pada usaha budidaya jamur tiram putih sehingga dapat ditarik kesimpulan usaha tersebut layak atau tidak untuk dijalankan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetetahui analisis kelayakan usaha budidaya jamur tiram putih, mengetahui pengaruh dari penerapan marketing mix yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, physical evidence terhadap peningkatan keuntungan yang diperoleh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan usaha dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan analisis kelayakan usaha pada usaha Organik Mushroom Farm dengan jumlah 2000 baglog mendapatkan nilai R/C ratio 1,2, B/C ratio 0,2, BEP produk 332 kg, BEP harga Rp11.000, ROI 20% dan PP 5 periode. Hasil analisis statistik menunjukan elemen dari marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) secara simultan memberikan pengaruh yang signifikansi terhadap keuntungan yang diperoleh. Dengan nilai koefisien determinasi 66,2 %. Secara parsial faktor lain seperti place dan physical evidence tidak berdampak signifikan terhadap keuntungan. Polbangtan Malang Analisis Kelayakan Usaha, Marketing Mix, Jamur Tiram Putih L.310-25023 L.310-25023 ODE s 251204 20251204085455 INLIS000000001492207 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)