STRATEGI PEMASARAN PRODUK PUPUK PADAT SEMI ORGANIK UD. WAHYU ABADI KEDIRI ZHALMA QORRYK FATUNIKMAH Pengarang text Text
text
regular print
114 hlm
Buku Tercetak
Hardcopy
UD Wahyu Abadi merupakan start up dalam bidang produksi pupuk. Namun terdapat beberapa kendala yang menyebabkan penjualan pupuk dari UD Wahyu Abadi ini kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh usaha pupuk padat semi organik UD Wahyu Abadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts Weakness Opportunity Treats) dan Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) . Matriks IFAS memperoleh total skor 2,910 dan matriks EFAS memperoleh total skor 3,360. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan delapan alternatif strategi pemasaran pupuk padat semi organik UD Wahyu Abadi dengan total nilai berdasarkan peringkat skala prioritas menggunakan matriks QSPM mulai dari peringkat pertama dengan nilai TAS tertinggi sebesar 5,129 yaitu menjaga kualitas bahan baku yang digunakan untuk mempertahankan kualitas produk pupuk sampai peringkat terakhir dengan nilai TAS terendah sebesar 4,455 yaitu memberi diskon atau bonus pada setiap pembelian pupuk dengan batas tertentu. Kemudian di lakukan evaluasi penerapan alternatif strategi pemasaran yang hasilnya menunjukkan terdapat kenaikan omset penjualan dengan presentase 66% sehingga strategi pemasaran yang telah dibuat efektif untuk jalankan. Polbangtan Malang AGRINAK, Pupuk, strategi pemasaran, analisis SWOT, matriks IFAS, matriks EFAS, matriks QSPM L.310-24153 RES L.310-24153 ZHA s 250506 20250506083658 INLIS000000001434532 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)