Profil bisnis dan respon konsumen sapi potong PT. Pramana Austindo Mahardika di Lampung Tengah Ramadhani Dian Ayu Rizqi Rawendra Rudy Syamsuddin Achmad text Malang Polbangtan Malang
text
regular print
Provinsi Lampung dikatakan strategis untuk penggemukan sapi, karena ketersediaan pakan yang cukup dan dekat dengan pasar yaitu Jabodetabek serta wilayah Sumatera”. Karena banyaknya perusahaan sapi Brahman Cross (BX), maka persaingan menuntut setiap perusahaan untuk memiliki nilai lebih dibandingkan pesaingnya. Untuk mengetahui produk diterima atau tidaknya melalui respon konsumen menggunakan bauran pemasaran. PT. Pramana Austindo Mahardika merupakan perusahaan penggemukan sapi potong Brahman Cross (BX) yang didatangkan dari Australia. Pada tahun 2021 – April 2022 terjadi fluktuasi pada harga, target dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil bisnis dan respon konsumen sapi potong PT. Pramana Austindo Mahardika, Lampung Tengah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 10 responden menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis deskriptif. Hasil penelitian dilakukan selama 3 bulan, pemeliharaan menggunakan sistem semi intensif dengan periode pemeliharaan 90 hari. Menerapkan manajemen pakan dry lot fattening dan manajemen kesehatan ternak. Seleksi sapi dilakukan 3 kali yaitu induction, umur 50 hari dan 90 hari. Target tertinggi pada bulan April 2022. Sedangkan harga mengalami kenaikan Rp 11.000 per kg hidup. Menerapkan sistem promosi New Business Selling dan Responsive selling serta menggunakan sistem distribusi transportasi sendiri, sistem kuota dan pemegang “DO” dengan sistem pembayaran lunas di awal kesepakatan. Rata- rata respon konsumen dari 10 responden menunjukkan skor 3,43 dengan kategori baik. Kondisi ini dipengaruhi dari aspek promosi dan lokasi/distribusi yang memiliki respon sangat baik, sedangkan pada aspek produk dan harga memiliki respon kurang baik. Karena pada aspek produk, konsumen tidak setuju dengan kebijakan yang tidak dapat memilih sapi dan pada aspek harga, konsumen tidak setuju dengan harga sapi yang relatif murah. POLBANGTAN MALANG Sapi Potong RES 22222 RES 22222 RAM p 230112 20230112073631 INLIS000000000016781 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)