Pemasaran stik susu melalui digital marketing desa Gunungsari Kec. Bumiaji Kota Batu Aji Azizah Siswoyo Hendrawati Luki amar text Malang Polbangtan Malang 2022
text
regular print
Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan teknologi digital. Peran teknologi digital saat ini sangat penting dan berpengaruh besar terhadap perkembangan zaman sehingga dapat mengembangkan rencana dalam menarik konsumen. Dalam permasalahan yang terjadi di KWT Sumber Rejeki dibutuhkan perencanaan pemasaran produk stik susu berbasis digital marketing, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat luas sehingga akan meningkatkan pendapatan kelompok. Produk olahan dari KWT Sumber Rejeki yang akan di pasarkan yaitu stik susu, stik susu merupakan stik yang dibuat dengan penambahan susu sebagai sumber vitamin dan protein. Tujuan pelaksanaan kajian adalah: (1) Bagaimana jenis pemasaran digital marketing stik susu di KWT Sumber Rejeki Desa Gunungsari Kota Batu, (2) Bagaimana implementasi pemasaran digital marketing stik susu di KWT Sumber Rejeki Desa Gunungsari Kota Batu, (3) Bagaimana peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan anggota KWT tentang digital marketing stik susu Bagaimana implementasi pemasaran digital marketing stik susu di KWT Sumber Rejeki Desa Gunungsari Kota Batu. Pelaksanaan kajian dilakukan di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dengan waktu kajian 4 bulan tehitung sejak bulan Februari hingga Mei 2022. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan SPSS, menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion), melibatkan 22 anggota Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki sebagai responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk stik susu di KWT Sumber Rejeki yaitu menggunakan media sosial Facebook dan WhatsApp. Sebab pengguna Facebook dan WhatsApp yang lebih banyak digunakan dibandingkan media sosial lainnya. Tujuan penyuluhan yang dilakukan yaitu untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan dengn evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi awal dan evaluasi akhir. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan responden sebesar 891 dengan presentase 35% dan peningkatan keterampilan responden sebesar 289 dengan presentase 26%. POLBANGTAN MALANG PPKH Pemasaran RES 22192 RES 22192 AJI p 230111 20230111102205 INLIS000000000016735 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)