01627 2200217 4500001002100000005001500021007000300036008004100039020001800080035002000098082001600118084002200134100002300156245011200179260003000291300002900321520093600350650008401286650002301370990001601393INLIS00000000000040620240726030544ta240726 g 0 ind  a979-493-239-2 a0010-0124000135 a338.439.053 a338.439.053 SAD k1 aSadjad Sjamsoe'oed1 aKampanye Memberagamkan Pangan dalam Konteks Agropolitik Negeri Graris Indonesia /cInstitut Pertanian Bogor aBogor :bIPB Press,c2007 a248 hlm :bIlus ;c25 cm aKampanye memberagamkan pangan saya rintis di media massa sudah sejak 40 tahun lebih. Upaya ini secara konsisten saya lakukan hingga saat ini melalui penulisan sebuah buku. Tentu saja pemikiran saya terus berkembang. tidak pantok pada pemberagaman pangan "an sich". Kalau saya refleksikan tulisan-tulisan saya di media massa yang ratusan jumlahnya, kemudian masalah pemberagaman saya integrasikan ke dalam deretan tulisan-tulisan saya itu, maka sampailah saya pada konteks agropolitik. Dengan kacamata agropolitik ternyata pemberagaman pangan sangat strategis untuk memberdayakan masyarakat desa, termasuk petaninya bergerak manuju terwujudnya desa industri yang berbasis pertanian industri. Artinya, desa yang masyarakatnya bermental industrial, dan pertanian industri dengan petaninya yang berorientasi menghasilkan bahan baku industri di desanya sehingga semuanya terindikasikan oleh upaya menuai nilai tambah yang berkelanjutan. 4aKampanye Memberagamkan Pangan dalam Konteks Agropolitik Negeri Graris Indonesia 4aRak Tanaman Pangan a00000000495