Pengembangan UMKM Kebijakan, Strategi, Digital marketing dan Model Bisnis UMKM ABDUROHIM, Dindin text Bandung Refika 2021 Ed. 1 ind
text
regular print
310 hal. : Ilus ; 25 cm
"Buku ini membahas pengembangan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), dengan topik utama: (1) kebijakan UMKM, membahas tiga kebijakan utama UMKM yang ditetapkan pemerintah yang tertuang dalam RPJM 2020-2024 dan membahas tujuan, sasaran kebijakan, serta arah kebijakan dan strategi nasional; (2) strategi pengembangan, membahas konsep, teori pengem-bangan dan strategi pengembangan UMKM, baik yang dilaksanakan pemerintah, perguruan tinggi, dan pihak lainnya; (3) digital marketing, membahas kelebihan, kelemahan, metode dan strategi digital marketing bagi UMKM; dan (4) model bisnis UMKM, membahas konsep, tahapan, elemen kunci, perbedaan dengan business plan, serta strategi model bisnis bagi UMKM. Pada awal bab memaparkan mengenai konsep, definisi, teori dan karakteristik UMKM; berbagai peran dan kontribusi dari dalam perekonomian di Indonesia; potensi-potensi yang dimiliki UMKM yang dapat dikembangkan; berbagai sektor bisnis UMKM dibahas di sini, termasuk e-bisnis dan industri kreatif skala UMKM, serta rantai nilai dari sektor bisnis UMKM; memaparkan kinerja UMKM dan permasalahan-permasalahan umum khusus UMKM juga permasalahan baik secara internal maupun ekternal, serta gambaran daya saing UKM Indonesia dan faktor-faktor penentu UKM memiliki dan mampu berdaya saing. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh model bisnis, seperti model inkubasi, model daya saing, dan model kemitraan UMKM, serta dilengkapi kasus-kasus pengalaman penulis dalam pengembangan UMKM." Dindin Abdurohim UMKM digital marketing modal bisnis 336.01 : 681.31 336.01 : 681.31 ABD p 978-623-6232-01-9 220726 20220726012636 INLIS000000000005039 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)