02201 2200253 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059020002200100082002000122084002600142100002200168245010600190250001000296260002900306300003000335650000900365650002200374650001700396520149000413990002201903990002201925INLIS00000000000503920220726012636 a0010-0722000057ta220726 0 ind  a978-623-6232-01-9 a336.01 : 681.31 a336.01 : 681.31 ABD p0 aABDUROHIM, Dindin1 aPengembangan UMKM :bKebijakan, Strategi, Digital marketing dan Model Bisnis UMKM /cDindin Abdurohim aEd. 1 aBandung :bRefika,c2021 a310 hal. :bIlus ;c25 cm 4aUMKM 4adigital marketing 4amodal bisnis a"Buku ini membahas pengembangan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), dengan topik utama: (1) kebijakan UMKM, membahas tiga kebijakan utama UMKM yang ditetapkan pemerintah yang tertuang dalam RPJM 2020-2024 dan membahas tujuan, sasaran kebijakan, serta arah kebijakan dan strategi nasional; (2) strategi pengembangan, membahas konsep, teori pengem-bangan dan strategi pengembangan UMKM, baik yang dilaksanakan pemerintah, perguruan tinggi, dan pihak lainnya; (3) digital marketing, membahas kelebihan, kelemahan, metode dan strategi digital marketing bagi UMKM; dan (4) model bisnis UMKM, membahas konsep, tahapan, elemen kunci, perbedaan dengan business plan, serta strategi model bisnis bagi UMKM. Pada awal bab memaparkan mengenai konsep, definisi, teori dan karakteristik UMKM; berbagai peran dan kontribusi dari dalam perekonomian di Indonesia; potensi-potensi yang dimiliki UMKM yang dapat dikembangkan; berbagai sektor bisnis UMKM dibahas di sini, termasuk e-bisnis dan industri kreatif skala UMKM, serta rantai nilai dari sektor bisnis UMKM; memaparkan kinerja UMKM dan permasalahan-permasalahan umum khusus UMKM juga permasalahan baik secara internal maupun ekternal, serta gambaran daya saing UKM Indonesia dan faktor-faktor penentu UKM memiliki dan mampu berdaya saing. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh model bisnis, seperti model inkubasi, model daya saing, dan model kemitraan UMKM, serta dilengkapi kasus-kasus pengalaman penulis dalam pengembangan UMKM." a4076/BPPSDMP/2022 a4076/BPPSDMP/2022