Kretek Capitalism Making, Marketing, and Consuming Clove Cigarettes in Indonesia Welker, Marina text Oakland, California University of California Press 2024 eng
text
regular print
Computer Data (1 File: 14,2 MB) CD No. 1678
Indonesia adalah pasar rokok terbesar kedua di dunia: dua dari tiga pria merokok, dan rokok tembakau yang dicampur cengkeh yang disebut kretek menguasai 95 persen pasar. Untuk menjelaskan keberhasilan yang mengejutkan dari industri yang mematikan ini, Kretek Capitalism bergerak melampaui fokus pada cengkeraman nikotin yang adiktif untuk meneliti bagaimana produsen kretek telah mengadopsi teknologi tembakau global dan melibatkan orang Indonesia untuk bekerja atas nama mereka di ladang dan pabrik, di gerai ritel dan pertemuan sosial, dan daring. Buku ini memetakan bagaimana Sampoerna, anak perusahaan Philip Morris International, menggunakan kontrak, kompetisi, dan hierarki gender, kelas, dan usia untuk memeras tenaga kerja lembur, shift, musiman, serabutan, dan tidak dibayar dari para pekerja, influencer, artis, pelajar, pengecer, dan konsumen. Dengan kritis melibatkan klaim nasionalis tentang warisan budaya komoditas dan pekerjaan yang didukungnya, Marina Welker menunjukkan bagaimana kapitalisme global telah mengubah kretek dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat dan mempromosikannya. Marina Welker Display Buku dan Majalah No. 6; 2025 CLOVE INDONESIA LABOUR MARKETING PUBLIC HEALTH TOBACCO INDUSTRY TOBACCO PRODUCTS e.71:338.47 e.71:338.47/WEL/k 9780520399686 250616 20250616020221 INLIS000000000019422 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)