na INLIS000000000019422 20250616020221 ta 250616 0 eng 9780520399686 0010-0625000007 e.71:338.47 e.71:338.47/WEL/k Welker, Marina Kretek Capitalism : Making, Marketing, and Consuming Clove Cigarettes in Indonesia / Marina Welker Oakland, California : University of California Press, 2024 Computer Data (1 File: 14,2 MB) CD No. 1678 Display Buku dan Majalah No. 6; 2025 Indonesia adalah pasar rokok terbesar kedua di dunia: dua dari tiga pria merokok, dan rokok tembakau yang dicampur cengkeh yang disebut kretek menguasai 95 persen pasar. Untuk menjelaskan keberhasilan yang mengejutkan dari industri yang mematikan ini, Kretek Capitalism bergerak melampaui fokus pada cengkeraman nikotin yang adiktif untuk meneliti bagaimana produsen kretek telah mengadopsi teknologi tembakau global dan melibatkan orang Indonesia untuk bekerja atas nama mereka di ladang dan pabrik, di gerai ritel dan pertemuan sosial, dan daring. Buku ini memetakan bagaimana Sampoerna, anak perusahaan Philip Morris International, menggunakan kontrak, kompetisi, dan hierarki gender, kelas, dan usia untuk memeras tenaga kerja lembur, shift, musiman, serabutan, dan tidak dibayar dari para pekerja, influencer, artis, pelajar, pengecer, dan konsumen. Dengan kritis melibatkan klaim nasionalis tentang warisan budaya komoditas dan pekerjaan yang didukungnya, Marina Welker menunjukkan bagaimana kapitalisme global telah mengubah kretek dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat dan mempromosikannya. CLOVE INDONESIA LABOUR MARKETING PUBLIC HEALTH TOBACCO INDUSTRY TOBACCO PRODUCTS 107/BRMPV/2025