Tag
|
Ind1
|
Ind2
|
Isi
|
001
|
|
|
INLIS000000000000231
|
005
|
|
|
20240715023617
|
007
|
|
|
ta
|
008
|
|
|
240715###########################0#ind##
|
020
|
#
|
#
|
$a 979-416-899-8
|
035
|
#
|
#
|
$a 0010-0722000012
|
082
|
#
|
#
|
$a 101
|
084
|
#
|
#
|
$a 101 SUR f
|
100
|
1
|
#
|
$a Suriasumantri
|
245
|
1
|
#
|
$a Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer /$c Jujun S. Suriasumantri
|
250
|
#
|
#
|
$a Cet. XXII
|
260
|
#
|
#
|
$a Jakarta :$b Pustaka Sinar Harapan,$c 2010
|
300
|
#
|
#
|
$a 384 p. : $b ilus. ; $c 21 cm
|
500
|
#
|
#
|
$a di Rak Filsafat, Psikologi, Komunikasi
|
520
|
#
|
#
|
$a Penalaran merupakan suatu proses berfikir yang membuat pengetahuan. Agar pengetahuan yang dihasilkan penalaran itu mempunyai dasar kebenaran maka proses berfikir itu harus dilakukan suatu cara tertentu. Suatu penarikan kesimpulan baru dianggap sahih (valid) kalau proses penarikan kesimpulan tersebut dilakukan menurut cara tertentu tersebut. Cara penarikan kesimpulan ini disebut dengan logika, dimana logika secara luas dapat didefinisikan sebagai “ pengkajian untuk befikir secara sahih”. Pengetahuan pada hakikatnya merupakan segenap apa yang kita ketahui tentang suatu objek tertentu, termasuk ke dalamnya adalah ilmu, jadi ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia, pengetahuan merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tak langsung turut memperkaya kehdupan kita. Setiap jenis pengetahuan memiliki ciri-ciri yang spesifik mengenai apa (ontologi), bagaimana (epistemologi), dan untuk apa (aksiologi), pengetahuan tersebut disusun. Manusia disebut juga dengan Homo Faber ( makhluk yang membuat peralatan) disamping Homo Sapies ( makhluk yang berfikir) yang mencermikan kaitan antara pengetahuan yang bersifat teoretis dengan teknologi yang bersifat praktis. Pembeda utama antara manusia dan binatang terletak pada kemampuan manusia untuk mengambil jalan melingkar dalam mengambil tujuan. Manusia dapat berfikir dengan baik karena dia mempunyai Bahasa. Tanpa Bahasa maka manusia tidak akan dapat berfikir secara rumit dan abstrak seperti apa yang kita lakukan dalam kegiatan ilmiah.
|
600
|
1
|
4
|
$a Suriasumantri
|
650
|
#
|
4
|
$a Filsafat
|
990
|
#
|
#
|
$a 00010/052021/H
|
990
|
#
|
#
|
$a 00101/072022/H
|