01805 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059020000600100082001000106084001600116100002000132245006300152250001100215260004700226300002600273650018200299520109700481990000901578INLIS00000000000181920251211032401 a0010-1225000009ta251211 g 0 ind  a- a790.1 a790.1 BAI p0 aBaichaki Nawawi1 aPengenalan metode permainan simulasi p4 /cBaichaki Nawawi aCet. 1 aLampung :bLampung University Press,c1984 a90 p :bIlus ;c20 cm 4ametode simulasi, permainan edukatif, P4, pendidikan Pancasila, strategi pembelajaran, fasilitasi, partisipasi, internalisasi nilai, pembelajaran interaktif, pendidikan karakter. aBuku ini memperkenalkan metode permainan simulasi sebagai salah satu pendekatan inovatif dalam pendidikan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Melalui teknik simulasi, peserta didik diajak memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih konkret, interaktif, dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini menguraikan konsep dasar simulasi, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pelaksanaan, bentuk-bentuk permainan yang sesuai, serta cara mengevaluasi efektivitas kegiatan. Selain itu, dijelaskan pula peran fasilitator, kebutuhan perlengkapan, dan strategi menghadirkan suasana belajar yang partisipatif dan kondusif. Dengan pendekatan praktis dan mudah diterapkan, buku ini menjadi acuan penting bagi instruktur, guru, penyuluh, maupun lembaga pendidikan dalam menerapkan metode permainan simulasi untuk memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila pada berbagai kelompok sasaran. Kata kunci: metode simulasi, permainan edukatif, P4, pendidikan Pancasila, strategi pembelajaran, fasilitasi, partisipasi, internalisasi nilai, pembelajaran interaktif, pendidikan karakter. a2320